Senin, 07 Juli 2008

Kiat Memulai Usaha


Untuk memulai usaha, bisa dibilang, gampang-susah tergantung dari niat & tekad. Kiat nya adalah :
  1. Carilah usaha yg sesuai hoby anda, karena dengan hoby, meskipun usaha belum jalan lancar, anda akan mempunyai stamina yg cukup utk bertahan lama
  2. Carilah usaha yg memberikan profit yg cukup, supaya sustainable bisa terjaga
  3. Usaha dgn profit tipis yg sifatnya consumer, tidak apa, tapi harus di perbanyak pengalinya, misal anda jualan voucher HP, kalo untungnya hanya Rp.1000/voucher, anda harus buka downline sebanyak-banyaknya
  4. Perhatikan resiko : Semua bisnis PASTI ada RESIKO ! Jadi gak ada bisnis tanpa resiko. Resiko harus diketahui seak awal, agar tidak kaget di belakang hari. Antisipasi resiko harus di pikirkan sejak awal.
  5. Untuk berbisnis anda harus mempunyai PRODUK. Baik itu JASA atau BARANG.
  6. Lakukan PROMOSI agar orang tahu apa produk anda, bisa melalui mulut ke mulut, iklan di koran, internet, dll
  7. Tentukan HARGA yg jelas, agar konsumen tahu apakah HARGA kita cukup kompetitif. Harga sudah termasuk Harga pokok, operasi, gaji, resiko, profit. PPN ditambakan jika kena pajak.
  8. Percaya Diri : itu perlu utk memulai usaha. Banyak orang gagal karena gak PEDE alias MALU. Kalo prinsip saya, Lha wong gak NYURI koq malu...Kalo bisnis anda HALAL & LEGAL gak usah takut, karena setiap bisnis pasti perlu kekuatan bathin (baca BONEK).
  9. DOA : Kunci setelah IHKTIAR/USAHA NYATA adalah DOA. Karena hanya ALLAH yg bisa membuka kunci REJEKI, jadi teruslah berdoa & mohon perlindungan agar usaha anda lancar & aman.
  10. Networking = Silaturahmi : Anda harus mempunyai jaringan teman yg luas, agar usaha anda bisa dikenali oleh konsumen. Kunci Silaturhami adalah KEPERCAYAAN. Jagalah kepercayaan itu karena itu MODAL DASAR kuatnya jaringan. Sekali anda melanggar, habislah riwayat anda. Misal : anda menipu, bahwa produk anda kualias tinggi, tapi ternyata jelek....Maka konsumen tidak akan mau membeli produk anda lagi.
Itu prinsip dasar memulai usaha, masih banyak faktor2 yg menentukan SUKSES nya sebuah bisnis. Selamat mencoba....

Tidak ada komentar: